Cafebahasaku.com

SELAMAT DATANG !!!

BLOGG INI MERUPAKAN SARANA SEBAGAI MEDIASI UNTUK MENAMPUNG SEGALA KREATIVITAS ANAK BANGSA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

Selasa, 12 Mei 2020

Surat untuk Mas Menteri

Yth. Mas Menteri Pendidikan Republik Indonesia
di
Jakarta

Salam sejahtera untuk semuanya, semoga Mas Menteri kali ini  dalam kondisi sehat wal afi’at …Aamiin
Saat Covid-19 ini mewabah di Indonesia sebagai Guru SMA saya dituntut aktif dan kreatif dalam mengajar,secara daring. Saat itu saya ditawari mengisi acara  siaran  di Radio Republik Indonesia (RRI Surabaya Pro-2). Saya terima tawaran itu karena kesempatan tidak akan datang dua kali. Saat itu mendadak saya harus bisa jadi penyiar  untuk menyampaikan materi yang saya siapkan yaitu Resensi Buku. Pembelajaran interaktif  ini berlangsung sangat menarik karena saat jeda diselingi lagu-lagu hit kesukaan mereka. Waktu 120 menit yang diberikan berjalan begitu cepat.  Pembelajaran ini diikuti bukan hanya siswa sekolah saya saja tetapi  direspon oleh sekolah lain bahkan dari luar kota. Pada akhir siaran saya menyampaikan tugas yang harus ditulis dan dilaporkan lewat WA. Pembelajaran yang menyenangkan, dialog interaktif  tanya jawab tentang materi berlangsung dengan penuh canda dan tawa.
            Untuk tugas akhir materi tersebut saya tidak memberi tugas dalam bentuk narasi atau deskripsi, tetapi mereka berkelompok saya suruh membuat cerita komik yang membahas tentang Resensi Buku yang sudah mereka simak melalui siaran itu. Luar biasa …hasilnya sungguh mencengangkan.  Di luar dugaan komik yang mereka buat bagus-bagus meskipun daring, mereka masih dapat berkoordinasi dengan baik bersama kelompoknya.
Demikian surat ini saya sampaikan semoga surat ini dapat masuk nominasi berdialog langsung dengan Mas Menteri. Terima kasih atas perhatianya dan mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan.

Surabaya,  13 Mei 2020
Salam hormat saya


Denny Sofiastuti,M.Pd.
Guru SMAN 21 Surabaya

2 komentar: