Cafebahasaku.com

SELAMAT DATANG !!!

BLOGG INI MERUPAKAN SARANA SEBAGAI MEDIASI UNTUK MENAMPUNG SEGALA KREATIVITAS ANAK BANGSA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA & SASTRA INDONESIA

Minggu, 30 Juni 2019

BELAJAR MENULIS SECARA OTODIDAK

BELAJAR MENULIS 

 Menulis adalah bagian dari empat keterampilan berbahasa yang pasti dimiliki oleh semua manusia yang tidak sedang dalam keadaan buta huruf.Namun keterampilan menulis yang kita ,miliki selama ini hanya sekedar menulis seuai kebutuhan saja.Kita sebagian besar belumdapat menuangkan ie-ide atau gagasan yang ada diotak atau bayangan kita dalam bentuk tulisan. Halini terjadi karena kita merasa takut salah,takut ditertawakan orang lain,takut dikritik,takutini itu lah.... Itu semua saya alami.Awalnya keberanian menulis muncul kala itu salah seorang teman seprofesi memotivasi saya menulis untuk mengisi majalah sekolah.Saya berfikir kesempatan tidakakan datang duakali,tanpa berpikir panjang saya hanya bermodal bonek dan pokoknya menulis.
Saat itu bertepatan dengan moment idul adha dan peringatan hari ibu. Pulang sekolah saya langsung mencari referensi untuk menggali ide penulisan,ternyata awal menulis itu memang kaku dalam penggunaan bahasanya. Tapi saya tidak perduli, hari pertama tulisan itu sudah jadi, tetapi penyempurnaannya saya lakukan pada hari kedua. Hari berikutnya file saya sampaikan temanku yang sekaligus redaksi majalah sekolah itu. Hari berikutnya aku dikasih tau kalau ada beberapa tulisan saya yang harus diedit dan disempurnakan oleh beliau, tetapi saya dikabari kalau tulisan itu pasti dimuat untuk terbitan majalah pada bulan itu. Waktu penerbitanpun tiba, aku langsung disosodi majalah yang baru terbit itu,langsung aku sapu daftar isi untuk mencari posisi tulisanku ada pada halaman berapa?Alhamdulillah aku melihat tulisanku terpampang di majalah sekolah dengan ditempeli fotoku, layaknya seorang penulis beneran gitu...? Dari situlah aku berusaha untuk terlibat dalam lomba-lomba menulis meskipun berhasilmenyabet juara. Dari pengalaman itulah saya akan sampaikan beberapa hal yang kiranya dapat dijadikan acuan sebagai dasar untuk belajar menulis terutama bagi pemula seperti saya.Dasar yang akan saya sampaikan adalah dasar berdasarkan pengalaman maupun berdasarkan teori menulis yang disampaikan oleh beberapa penulis buku ternama,maupun referensi buku acuan dari perguruan tinggi maupun untuk kalangan SMP atau SMA.Karena saat ini saya mengajar di SMA jadi nanti akan saya paparkan pengalaman mengajar menulis yang pernah saya terapkan di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar